Wisata Magelang dekat candi Borobudur, wisata Candi Ngawen

wisata magelang



Candi Ngawen adalah salah  satu candi Budha peninggalan sejarah bangsa Indonesia, menurut wikipedia Candi Ngawen ini dibangun oleh wangsa Sailendra pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataran kuno, menurut orang-orang sekitar candi ngawen ini merupakan bangunan suci tempat pembakaran mayat orang-orang kerajaan, horor juga ternyata.

wisata magelang

Candi Ngawen Magelang

Wisata Candi Ngawen berada tidak jauh kok dari Candi Borobudur dan Mendut sekitar 5km , tepat nya di Desa Ngawen kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Mungkin bila sedang berlibur di Candi Borobudur boleh-bolehlah mampir kesini seekedar mengenal sejarah bangsa indonesia jaman dulu yang katanya bangsa yang besar yang di takuti bangsa-bangsa lain tapi sekarang terbalik jadi bangsa yang kecil yang dimanfaatkan bangsa lain,mungkin kurangnya mempelajari sejarang bangsanya sendiri kenapa jaman dulu bisa jaya begitu.

Dulu-dulu candi Ngawen ini terdiri dari 5 buah candi tapi karena bencana alam atau mungkin kurang perawatan sekarang tinggal 1 buah saja yang masih berdiri menyerupai candi yang 4 lain nya sudah tinggal puing-puingnya, 1 candi yang masih utuh itu memiliki bentuk yang berbeda dengan dihiasi oleh patung singan pada keempat sudut nya yang seakan-akan sebagai lambang 4 roh penjaga candi dan juga sebuah patung Budha dengan posisi duduk arca Dhyani Budha RATNA SAMBHAWA yang sudah tidak ada kepalanya, entah kemana itu semenjak saya kecil juga sudah hilang dan beberapa relief Pada sisi-sisi candi yang masih nampak cukup jelas.

 

wisata magelang

Candi Ngawen Magelang

 

 

 

 

wisata magelang

budha RATNA SAMBHAWA

 

wisata magelang

candi ngawen magelang

Candi Ngawen adalah tempat wisata magelang terdekat dari rumah nenek saya, Yah karena dekat dulu saya sering kesini bersama teman-teman saya dan kemaren pada waktu berkunjung kesini lagi rasanya seperti nostalgia haha suatu kenangan gila waktu berada disini, dengan halaman candi dengan rumput hijau dan di kelilingi pohon kelapa dengan suasana santai karena masih sedikit yang berkunjung kesini. Untuk masuk di Candi ngawen ini pun sampai sekarang tidak di pungut biaya kok tapi tetap harus di jaga ya kebersihannya.

Rute untuk sampai di Candi ngawen cukup sulit karena angkutan yang sampai di Candi ngawen ini cuma ada Andong(kereta kuda) dan juga ojek dari terminal Muntilan, tapi sudah banyak pentunjuk jalanya kok. Mungkin bila belum pernah merasakan sensasi naik andong wajib di coba tu serasa jaman dulu banget pokoknya.



Share it